Sabtu, 24 Maret 2012

7 ALAM YANG DILALUI MANUSIA & HANTU


7 alam yang dilalui manusia
ringkasan 7 alam yg dilalui manusia :
1. alam ruh. Manusia masih berupa roh. belum berbentuk. atau sering disebut alam awang2.

2. alam rahim, sebelum ditiupkan ruh kedalamnya, ruh mengadakan perjanjian dahulu dengan Allah. "ALASTU BIRABBIKUM?" "BALA, SYAHIDNA" (al a'raaf)  jadi kalau-kalau ruh itu membangkang kelak setelah berada didunia, maka di alam akhirat akan dimintai pertanggungjawabannya. Dan Allah tidak lalai terhadap hamba2Nya.

3. alam dunia. pada hakikatnya, manusia diciptakan hanya untuk menyembahNya. tetapi berkat ijin Allah, setan bebas menggoda anak2 Adam untuk menguji keimanan dan ketakwaannya masing2. maka diciptakan neraka dan surga, karena Allah tidak akan menciptakan sesuatu itu sia2, pasti ada gunanya. yaaa sekarang tergantung kita, mau ambil pilihan yang mana. kan hidup itu pilihan? karena firman Allah : "maka peringatkanlah, sesungguhnya engkau adalah pemberi ingat, engkau bukan orang yg berkuasa untuk memaksa mereka, (keimanannya), bagi yang berpaling dan membangkang, maka Allah-lah yg akan menyiksa mereka dengan siksa yang dahsyat. sesungguhnya kepada Kami lah mereka kembali, kemudian Kamilah yang akan mengadakan perhitungan atas mereka." (Al Ghasyiyah : 21-26)


 














4. alam akhirat :
a. kubur/barzakh
merupakan alam sekat pemisah antara kehidupan dunia dan akhirat. menunggu kiamat tiba. di alam ini siksaan/ni'mat terus didapat, begitu juga pemandangan masa depan di akhirat kelak terus diperlihatkan siang dan malam, tergantung amal yg diperbuat selama masih hidup.

sampai sangkakala pertama diperdengarkan, dan kiamat pun berlangsung. 
"..fa idzaa jaaaa atish-shoooookhoh, yauma yafirrul mar 'umin akhih, wa umiihi wa abiih, wa shohibatihi wa banih, likullim ri'im minhum yauma idziin sya'nuy yughnih.." " maka apabila tiba masanya suara dahsyat menggelegar, di saat setiap manusia lari meninggalkan sanak keluarganya, dan ibu dan bapaknya, juga istri dan anak2nya, bagi setiap orang pada hari itu disibukkan oleh kepentingannya sendiri" (80 : 33-37)

 












untuk proses kejadian kiamat, gambarannya dapat dibayangkan lewat surat Al Insyiqaq, Al Infitar, At Takwir. (semuanya ada di juz 30, sok atuh disimak dan direnungi.)
tiupan sangkakala pertama dan kedua tidak lama berselang
"pada hari ketika tiupan pertama menggoncangkan alam dengan sehebat-hebatnya, yang diikuti dengan tiupan kedua. hati manusia pada saat itu sangat takut" (79:6-8)


 







ada sebuah hadist Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ibnu Jurair dan Abu Hurairah, yang berbunyi :
"ditanyakan :"apakah sangkakala itu Yaa Rasulullah?"
"Tanduk" jawab Beliau,
"tanduk apakah itu?" tanyanya lagi
"besar, yang lehernya langit dan bumi, maka ditiupnya tiga kali, yang pertama adalah tiupan yang menakutkan, kedua tiupan kematian, ketiga tiupan kebangkitan kembali. Maka Allah  memerintahkan Israfil dengan tiupan pertama. Berfirman Allah: " Tiuplah tiupan yang pertama!" Maka terkejutlah seluruh penghuni langit dan bumi, kecuali siapa yang dikehendakiNya" jawab Beliau
ditanya lagi "siapa yang dikehendakiNya itu?"
Beliau menjawab : "Al Hayyul Qoyyum, yang tidak mati binasa (55:26-27) Kemudian ditetapkan Malaikat pembawa 'Arsy (69:17), Jibril, Mikail, Israfil dan Izrail. Lantas Allah berfirman : "Matilah kamu berdua!", maka Jibril dan Mikail juga mati. Malaikat maut kemudian datang, melaporkan tentang kematian Jibril dan Mikail. Lalu Allah berfirman : "Matilah kalian!", maka Malaikat pembawa 'Arsy itupun mati semua. Lalu dia memerintahkan 'Arsy untuk memegang terompet Israfil, maka Israfil juga mati. Datanglah Malaikat Maut melaporkan kematian Malaikat pembawa 'Arsy dan Israfil, lalu Ia bertanya : " Siapakah yang masih tinggal?" Malaikat Maut menjawab : " Allah Al Hayyu Al Qoyyum, yang tidak mati dan tidak binasa, dan hambaMu yang lemah inilah", maka Allah berfirman : "Engkau makhlukKu juga, maka cabutlah nyawamu", maka Malaikat Maut pun mati. Sesuai dengan firman Allah "setiap yang berjiwa itu pasti merasakan mati" Sehingga hanya tinggal Allah Yang Maha Kekal. Kemudian langit dan bumi digulung seperti menggulung kertas (Al Anbiya : 104 dan Az Aumar : 67) dan Allah berfirman : "Hai dunia yang hina dina, dimanakah sang raja yang dahulu pernah hidup dipermukaanmu dulu? dimanakan anak2 raja dan anak2 pejabat tinggi yang congkak? dimanakah orang2 yang telah memakan rezekiKu tetapi tidak menyembahKu? Tunjukkanlah kekuasaan dan kekuatan mereka sebagaimana dahulu mereka hidup! LIMANIL MULKUL YAUMA? (MAKA MILIK SIAPAKAH KERAJAAN DAN KEKUASAAN PADA HARI INI?) yang mana petanyaan ini diulang sampai 3x (sebagai penegasan) tetapi tidak ada yang menjawab, karena semuanya seudah hancur tergeletak, maka pertanyaan itu dijawab sendiri oleh Allah : LILLAHIL WAAHIDIL QOHHAAR - KEPUNYAAN ALLAH YANG MAHA PERKASA (Al Mu'min : 16)
Kemudian Allah Ta'ala mengirim angin fakim dan menurunkan hujan, yang airnya seperti air mani laki2 selama 40 hari, sehingga airnya menggenangi bumi setinggi 12 hasta (1hasta = panjang antara jari tengah dan siku), maka muncullah pohon2 seperti semula. kemudian Dia menghidupkan Malaikat pembawa 'Arsy, Malaikat Israfil, Mikail, Izrail, dan Jibril - hidup dengan ijin Allah. Selanjutnya ada suara yang datangnya dari Allah kepada Malaikat Israfil untuk meniup sangkakala yang ketiga kalinya."

b. kebangkitan
pada teriakan sangkakala ketiga, semua berkumpul di tempat dimana dinamakan alam masyar/padang masyar. (Az Zumar : 68) matahari hanya sejengkal di atas kepala, walau begitu bagi yg beramal baik selama didunia tetap merasakan kesejukan. makhluk Allah itu tidak sedikit, dan masing2 menunggu giliran. selama menunggu antrian panjang, manusia berdesak2an maju perlahan2 sampai terduduk di kursi panas pengadilan Allah (selama kurang lebih 25.000 tahun mengantri -waktu akhirat- dan satu hari di akhirat setara dengan seribu tahun di dunia)

pada antrian itu terdapat 3 kelompok, yang pertama, kelompok yang berjalan kaki (orang2 beriman yg berdosa dan belum sempat bertobat), kedua yang berkendaraan (orang2 yang bertaqwa kepada Allah, yang senantiasa menaati perintahNya dan menjauhi laranganNya. ikhlas dalam menjalankannya), yang ketiga... yang berjalan dengan wajah (orang2 kafir. yg ingkar kepda Tuhannya, tidak percaya ayat2 Allah, membangkang, membantah, mendustakan, sombong dan takabur).

Sabda Rasulullah : umatku kelak akan dibagi manjadi 12 barisan :
1. tidak bertangan dan tidak berkaki
2. berupa babi hutan
3. perutnya sebesar gunung, penuh dengan ular
4. berjalan dengan mulut
5. berupa angin yg bertiup
6. dalam keadaan tenggorokan dan tengkuknya terputus
7. tidak punya lidah
8. badan terbalik
9. berwajah hitam dipenuhi api
10. berpenyakit lepra, kusta, aksim, gatal2 (penyakit kulit yang -maaf- menjijikkan)
11. buta matanya, buta hatinya, dan giginya seperti tanduk lembu jantan, bibir melebar sampai ke dada, lidah terjulur keluar memanjang sampai perut bahkan paha, dan dari perut keluar kotoran
(NA'UDZUBILLAH TSUMMA NA'UDZUBILLAH)
12. dengan wajah bercahaya, berseri2 bagai cahaya bulan purnama

c. berhisab/miizaan
sesampainya di kursi panas pengadilan Allah, catatan amal lembar perlembar dibukakan dihadapannya. seluruh anggota badan bicara kecuali mulut-dengan izin Allah. seluruh amalan didunia diadili. tidak terkecuali niat. itupun ditimbang dan diadili. "..pada hari dimana Jibril(ruh) dan Malaikat2 baris bershaf-shaf, tidak ada yang berbicara kecuali siapa yang diizinkan oleh Yang Maha Pemurah, dan ia berkata benar"  (78:38)
 





d. pembalasan
setelah diadili dengan mendetil, vonis dijatuhkan, apakah surga ataukah neraka. masing2 kekal didalamnya.

"Sesungguhnya Kami memperingatkan kalian akan siksa (akhirat) yg telah dekat, pada hari itu manusia akan melihat segala yg telah dikerjakan terlebih dahulu, dan akan berkata orang kafir : Ah, alangkah baiknya sekiranya aku jadi tanah saja" (80:40)



sebagai renungan, kafir disini adalam memiliki artian luas. kafir berasal dari kata kufr, yang berarti tidak bersyukur, membangkang, tidak mau patuh, ingkar. jadi setiap yang tidak patuh itu bisa disebut kufr. meninggalkan solat = kufr, dapat rejeki tp tidak bersyukur = kufr, tidak berjilbab = kufr. yang berhubungan dengan perintah dan larangan Allah, apabila dilanggar, ia termasuk kufr. level yang lebih dahsyat : MENDUAKAN ALLAH. menyembah kuburan/berhala = kafir, percaya peramal/dukun/orang pintar = kafir, baca ramalan bintang, lalu percaya = kafir. tidak solat, tidak membaca Al Qur'an, dan terus bermaksiat terhadap Allah = KAFIR KAFIR KAFIR!!!! (kecuali yang bertobat.. tp tolonglah jangan sampai menduakan Allah, karena itu masuk ke dalam dosa BESAR urutan pertama, dan mungkin tidak dimaafkan.. tp jika Allah berkehendak lain, itu lain cerita) tahukah kamu, mencintai manusia lain melebihi Allah dan RasulNya, itu masuk ke dalam perbuatan menduakanNya... T____________________T
(tolong dikoreksi bila saya salah)

ayo yuk mulai sekarang kita mulai dewasa, yang dewasa itu yang banyak berpikir untuk masa depan, dan masa depan itu tidak terbatas cuma saat didunia, tapi juga untuk kehidupan akhirat, karena dunia cuma terminal yg dihampiri ga sampe sehari dalam satuan waktu di akhirah, dan jasad ini cuma pinjaman Allah, yang suatu saat diambil. dan ruh yang diciptakan inilah yang menanggung resikonya, yg dimintai pertanggungjawabannya. ayo kita benahi iman kita. ayo kita kaji Al Qur'an dengan hati yang bersih, menyingkap rahasia di balik rahasia yang Allah surat dan siratkan dalam pesan2nya yg telah terkumpul didalam kitab suci Al Qur'an. belum terlambat kok, kan hayat masih dikandung badan, sebelum nyawa berada dikerongkongan, undangan Allah masih berlaku, undangan yang kita lewatkan dengan entengnya, padahal undangan Allah masih menang jauh dengan undangan perkawinan yang mana kita buru2 pilih2 baju, berdandan abis, berpenampilan terbaik. undangan Allah itu, tidak terbatas. dan juga, kekal.

Sabda Rasulullah : "Allah SWT berfirman : apabila seorang hambaKu mengingat Aku didalam dirinya, maka Aku akan mengingatnya didalam diriKu. apabila ia mengingatKu dalam angan2nya, maka Aku akan mengingatnya didalam angan2Ku yang lebih baik dari angan2nya. dan apabila ia mendekat kepadaKu sekalian saja, maka Aku akan mendekat pdnya satu hasta. dan apabila ia mendekatiKu dengan berjalan, maka Aku akan mendekatinya dengan berlari"  SUBHANALLAH.. TSUMMA SUBHANALLAHIL 'AZHIM. Ya Allah, Ya Rabb.. keridho-anMu atasku.. itulah yang paling hamba inginkan.. Semoga Engkau meridho-i kami para hambaMu yang hina ini, dengan ridho yang sebesar2nya.. aamiin Allahumma aamiin..

semoga bermanfaat :):):):):):)
sumber : ustad Maftuh Ahnan - kosepsi hidup sesudah MATI

Kapan Hantu Mulai dikenal/dipercaya Umat Manusia?
Tahukah anda mulai kapan sosok HANTU dikenal/dipercaya keberadaannya oleh manusia? Sekurangnya sejak abad 1 masehi manusia sudah mengenal sosok hantu. Hal itu berdasarkan kisah “Yesus yang disangka hantu oleh murid-muridnya” dalam Injil.
Setelah peristiwa penyaliban, Yesus muncul kembali. Padahal masyarakat luas (termasuk  murid-murid Yesus) menganggap Yesus sudah mati di tiang salib. Ketika Yesus muncul kehadapan para muridnya secara tiba-tiba yang  justru menimbulkan ketakutan.
 “Damai sejahtera bagi kamu!”  Mereka terkejut dan takut. Mereka menyangka bahwa mereka melihat sesosok hantu.” (Lukas 24:36)”
Dari kisah Injil diatas dapat disimpulkan bahwa masyarakat Yahudi pada sekitar Abad 1 Masehi mempunyai kepercayaan mengenai hantu dan berhubungan dengan seseorang yang sudah meninggal dunia. Injil dipercaya ditulis pada sekitar tahun 50-150 Masehi. Yesus sendiri diperkirakan lahir pada 70 tahun sebelum Masehi.
Roh Gentayangan dan Hantu
Description: 3.jpgAdanya 2 (dua) macam dimensi roh yaitu dimensi untuk roh manusia yang masih hidup dan dimensi untuk roh manusia yang telah mati (pembahasan bab 1 buku saya) sebagaimana tertulis dalam Alquran






(QS) 39:42 juga dapat diartikan bahwa roh manusia yang telah mati tidak gentayangan entah 1 hari atau 40 hari di sekitar rumahnya sebagaimana dipercaya sebagian masyarakat tetapi berada di tempat lain terpisah dari kehidupan manusia sehari-hari. Dalam Alquran digambarkan adanya semacam dinding pemisah yang mengurung roh manusia yang telah mati.

Hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka dan berkata:”ya Tuhanku kembalikanlah aku. Agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkan saja. Dan dihadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan.
(QS 23:99-100)
Description: 1.jpg
Description: 2.jpg
 








Kepercayaan masyarakat mengenai hantu atau roh gentayangan yang ada saat ini, dugaan saya, berasal dari kepercayaan Orang Barat (Eropa dan AS) sebagaimana kita lihat misalnya dalam film kartun TV Casper, friendly ghost dan film bioskop Ghost dan Sixth Sense. Film-film tersebut adalah buatan Amerika (masyarakat Barat). Kepercayaan masyarakat Barat yang mayoritas adalah pemeluk Kristen ini tentunya dipengaruhi oleh kisah-kisah roh jahat dalam Alkitab (lihat selengkapnya di Bab.2). Dalam Injil roh-roh jahat digambarkan dapat berbicara dan berpikir. Kepercayaan di masyarakat Barat akan roh berawal pada abad pertengahan, dimana pada saat itu agama Kristen mulai berkembang pesat di Eropa. Kemudian lambat laun kepercayaan tersebut menjadi kepercayaan bahwa hantu yang merupakan roh orang mati dapat juga dilihat oleh manusia, selain hantu juga bisa berbicara.

Ketika roh yang jahat keluar dari tubuh seorang manusia, dia akan hilir mudik kesana kemari ditempat-tempat yang kering mencari tempat istirahat namun tidak menemukannya. Kemudian ia berkata “aku akan kembali ke rumah dari mana aku keluar.” Ketika ia sampai, ia menemukan rumah itu sudah bersih dan teratur rapi. Kemudian ia pun keluar dan mengajak tujuh roh lainnya yang lebih jahat darinya, mereka pun masuk dan berdiam di dalamnya. Oleh karenanya keadaan orang itu menjadi lebih parah dari sebelumnya. Demikian juga akan berlaku atas generasi yang jahat ini.
(Matius 12:43-45, Lukas 11:24-26)

Dari banyak orang keluarlah setan-setan sambil berteriak-teriak “Engkau adalah anak Allah” lalu ia dengan keras melarang mereka dan tidak memperbolehkan mereka berbicara karena mereka tahu bahwa ia adalah Mesias.
(Lukas 4:41)

Kepercayaan ini masuk ke Indonesia terbawa oleh misionaris Belanda dan negara-negara Eropa lainnya.

Masih ingat film kartun Scooby Doo? Ya benar dalam film itu selalu muncul hantu-hantu yang jahat yang sebenarnya adalah manusia yang menyamar. Ehm, tahukah anda bahwa si pembuat cerita Scooby Doo ini sebenarnya ingin mengajarkan kepada para anak-anak bahwa hantu itu sebenarnya tidak ada. Hormat dari saya untuk si pembuat cerita. Foto-foto hantu yang banyak ditemukan di Internet (kunjungi situs google.com terus ketikan kata “ghost” atau “foto hantu” menurut saya hanyalah trik kamera atau akibat pengaruh cahaya).

Sumber: (sebagian dari) buku “Salah Paham tentang Setan, Jin, Roh, Hantu dan Sihir”

Apakah itu Roh (Ruh)?

Roh atau disebut juga jiwa (nafs) atau arwah adalah kosa kata yang berasal dari bahasa Arab yaitu ar-ruh (artinya menyusul, kalau saya sudah tahu. ada yang tahu?).

Sebenarnya apa sih roh itu? Meskipun pengetahuan kita tentang roh adalah sedikit (ayat Alquran menyusul), Saya pikir sih tidak ada salahnya bila kita mencoba membahas pengetahuan tetang roh yang “sedikit” ini, selama pembahasan dibatasi pada sifat-sifat roh bukan tentang “apa materi” dari roh. Yang coba saya lakukan hanyalah membuat suatu pendekatan-pendekatan untuk memudahkan saya memahami roh yang sebagaimana telah saya ungkapkan dalam Bab 1  buku saya, bahwa tubuh manusia terdiri dari dua unsur yaitu unsur fisik / jasmani dan unsur yang tidak terlihat yaitu unsur rohani atau roh.

Berikut tiga analogi yang saya buat mengenai roh:

(1) Arus Listrik dan Lampu

Roh dalam tubuh dapat diibaratkan sebagai listrik yang mengalir ke dalam sebuah lampu. Lampu yang masih berfungsi dengan baik, bila dialiri listrik maka lampu akan menyala. Roh disini seperti arus listrik tersebut, tidak terlihat tapi ada. Hanya bedanya listrik masuk ke lampu lewat kabel, sedangkan roh masuk ke tubuh tanpa kabel. Listrik dari PLN, sedangkan roh dari Tuhan. Jadi Tuhan berfungsi sebagai “PLN-nya roh para manusia”. Bila lampu menyala, maka akan keluar cahaya. Kamar yang gelap akan tersinari oleh nyalanya. Bila saklar dimatikan maka listrik putus, lampu pun akan padam. Kamar pun menjadi gelap kembali.
(2) Batu Baterai dan Senter

Antara tubuh dan roh kita samakan dengan sebuah senter dan batu baterai yang keduanya masih berfungsi dengan baik. Nah bila ke dalam senter kita masukkan batu baterai, kemudian tombol “on” ditekan, maka senter akan menyala menerangi sekitarnya. Tapi apabila batu baterai kita keluarkan dari senter maka senter tersebut tidak akan menyala meskipun tombolnya ditekan. Demikian juga batu baterai itu, bila tergeletak sendiri tanpa senter, baterai tidak akan bisa menimbulkan cahaya, tidak akan menerangi keadaan sekitar.
 (3) Udara dalam Balon

Roh didalam tubuh dapat juga diumpamakan seperti udara yang terkurung dalam sebuah balon yang menggelembung dan diikat ujungnya. Bila balon ditusuk jarum, maka balon akan meletus. Udara dalam balon akan keluar dan tidak dapat dimasukan lagi karena balonnya sudah pecah. Demikian halnya pada orang mati rohnya tidak lagi dapat dikembalikan ke tubuh orang itu karena “tempat rohnya” sudah rusak.

Nah Seperti itulah bedanya antara manusia yang masih hidup dengan manusia yang sudah mati. Seseorang yang mati, berarti rohnya telah meninggalkan tubuhnya, seperti halnya listrik yang dimatikan akan membuat lampu tidak lagi menyala atau seperti senter tanpa batu baterai atau seperti balon yang telah meletus.  Manusia bisa berbicara, berpikir, bergerak, berkembang biak, membuat lelucon atau berinteraksi kepada manusia lainnya dikarenakan dalam tubuh manusia itu ada rohnya. Jadi perlu kita selalu ingat disini, bahwa:¨ Tubuh manusia tanpa roh berarti tubuh manusia tidak akan bisa berpikir, tidak akan bisa melakukan aktifitas¨ Roh sendirian tanpa adanya tubuh manusia, berarti roh diam saja, tergeletak seperti batu baterai. Jadi pembaca, adanya cerita roh gentayangan, orang mati hidup lagi seperti cerita sundel bolong dimana seolah-olah roh atau hantu mempunyai pikiran ya terlalu mengada-ada, lha wong otaknya sudah tidak ada, sudah “tidak ada batu baterenya” kok!

Saya harap anda tidak lagi percaya akan cerita-cerita bodoh tentang roh gentayangan, arwah penasaran atau cerita-cerita sejenis. Lalu bagaimana kasus orang mati suri yang masih bisa hidup kembali selama tidak melebihi 8 jam atau orang koma selama berhari-hari bahkan bertahun-tahun lalu sadar kembali? Itu sih gampang saja, selama orang itu bisa hidup kembali berarti orang itu belum mati, karena rohnya masih ada didalam tubuh.

Note: saya tidak bermaksud “show off”, tetapi buku-buku mengenai roh yang ditulis para penulis islam yang pernah saya baca benar-benar jauh pangang dari api.

Sumber (sebagian dari): buku “Salah Paham tentang Setan, Jin, Roh,  Hantu dan Sihir”

HANTU
Ada orang yang mempercayai adanya hantu, ada pula yang tidak percaya. Sebagian besar orang awam beranggapan bahwa hantu memang ada, namun dalam pemahaman yang salah.
Hantu dan tragedi horor faktanya memang ada karena ada alam lain selain alam nyata ini, yaitu alam ghaib. Di alam ghaib ada beberapa jenis penghuni, salah satunya adalah jin. Ada jin baik dan jin jahat. Jin jahat bekerja sebagai pengganggu manusia sehingga manusia dibuat terkejut lalu ketakutan. mereka membuat hal-hal aneh dan menakutkan, diantaranya adalah tragedi horor.
HANTU ORANG MATI
Dari sekian banyak jenis hantu, hantu yang sepertinya paling ditakuti masyarakat adalah hantu orang mati.
Sebagian orang awam beranggapan bahwa hantu adalah jelmaan roh orang mati, khususnya orang mati yang teraniaya atau kecelakaan. Fakta tentang hantu adalah jelmaan orang mati tidak bisa dibenarkan . Semua itu adalah PAHAM JAHILIYAH dan BID’AH belaka.

Description: 4.jpgMenurut ajaran Islam, roh-roh orang mati itu disimpan disuatu tempat. Roh orang Mu’min disimpan di suatu tempat bernama Illiyyin, sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Muthaffifin ayat18



Adapun roh orang kafir berada di tempat bernama Sijjin, sebagaimana yang tercantum dalam Surat Al-Muthaffifin ayat 7 yang artinya:
Description: 5.jpg
 




Roh orang mati dijaga di tempatnya sampai hari kiamat, tidak ada istilah gentayangan atau jelma-menjelma.
Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa hantu orang mati itu bukanlah jelmaan roh orang yang mati dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan orang yang sudah mati. Semua itu hanyalah ulah setan dan jin yang bandel. Sebagai manusia yang beriman dan berakal, kita harus jeli terhadap asumsi dan prediksi alam ghaib itu, agar kita tidak terkecoh oleh tipuan mereka.


TUJUAN AKSI HANTU ORANG MATI
Apapun yang dilakukan setan kepada manusia intinya adalah untuk menjerumuskan manusia agar manusia meninggalkan perintah Allah SWT kemudian masuk eraka bersama setan. Itulah impian setan sepanjang hidupnya.
Adegan hantu orang mati adalah strategi bagus untuk membuka peluang negatif bagi manusia. Di tengah keterpurukan manusia karena peranan palsu itu, setan membisikkan kalimat-kalimat-kalimat bid’ah dan omong kosong di benak mereka.
Diantara hal yang merugikan adalah su’udhon (berburuk sangka) kepada seseorang yang sudah mati, ghibah/ membicarakan keburukan orang yang sudah mati, mengumpat bahkan mencaci-maki orang yang sudah mati. Yang lebih ironis lagi, seseorang akan melakukan tindakan-tindakan yang mengarah pada kekufuran untuk mengatasi hal tersebut, diantaranya dengan meminta bantuan dukun untuk mengusir hantu yang mereka anggap sebagai ‘roh orang mati’ tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar